- Cari Lowongan Kerja, Info Loker Solo, Loker Solo, Tips Karier

Tips Karier Memahami Cara Menghitung Gaji

Sudah cek info Tips Karier Memahami Cara Menghitung Gaji? Tips Karier Terbaru di Solo. Cari info loker solo terbaru ? Cek sekarang juga…

Cara menghitung gaji tergantung pada struktur gaji yang berlaku di tempat kerja Anda. Namun, secara umum, Anda dapat menghitung gaji bulanan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tentukan gaji pokok: Gaji pokok adalah jumlah upah yang diberikan sebelum potongan-potongan lain seperti tunjangan, pajak, dan biaya-biaya lainnya. Misalnya, jika gaji pokok adalah Rp 10 juta per bulan, maka inilah jumlah dasar yang akan digunakan untuk menghitung gaji.
  2. Hitung tunjangan: Beberapa perusahaan memberikan tunjangan khusus seperti tunjangan kesehatan, transportasi, makan, atau tunjangan khusus lainnya. Jumlah tunjangan biasanya dihitung berdasarkan persentase dari gaji pokok. Misalnya, jika tunjangan transportasi adalah 10% dari gaji pokok, maka tunjangan transportasi adalah Rp 1 juta (10% x Rp 10 juta).
  3. Kurangi potongan: Ada beberapa potongan yang harus diambil dari gaji karyawan seperti pajak penghasilan, iuran BPJS, asuransi, dan lainnya. Jumlah potongan ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan perusahaan dan wilayah tempat tinggal Anda.
  4. Hitung gaji bersih: Setelah menghitung gaji pokok, tunjangan, dan potongan, Anda dapat menghitung gaji bersih atau gaji yang diterima oleh karyawan setiap bulannya. Gaji bersih adalah jumlah gaji yang diterima setelah dikurangi potongan. Misalnya, jika gaji pokok adalah Rp 10 juta, tunjangan adalah Rp 2 juta, dan potongan adalah Rp 3 juta, maka gaji bersih yang diterima adalah Rp 9 juta (Rp 10 juta + Rp 2 juta – Rp 3 juta).

Jika Anda ingin menghitung gaji tahunan, Anda dapat mengalikan gaji bulanan dengan 12 untuk menghitung gaji tahunan sebelum pajak dan potongan. Namun, ini juga dapat bervariasi tergantung pada perusahaan dan wilayah tempat tinggal Anda.

Tips Karier Memahami Cara Menghitung Gaji
( Source : from usatoday.com )

Update lowongan kerja di Solo: Rabu, 15 Februari 2023

?Tips Karier Memahami Cara Menghitung Gaji

Info Loker Solo / Informasi Lowongan Kerja 2023 di Solo

About InfoLokerSolo

Read All Posts By InfoLokerSolo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *